Halaman

Jumat, 09 Agustus 2013

TRICOR (hama jamur & bakteri)

TRICOR pestisida organik/ agensi hayati basmi hama jamur & bakteri. pestisida alami kandungan cendawan

 

Tricor adalah pestisida organik/ agensi hayati yang efektif untuk membasmi hama jamur, bakteri jahat dan beberapa jenis serangga. Agensi hayati tricor mangandung jamur trichocerma harzianum dan tricoderma sp. Jeruk makan jeruk atau lebih tepatnya jamur makan jamur mungkin ini adalah tiga kata sederhana yang dapat digunakan untuk menggambarkan sifat dari jamur sahabat kita yang satu ini.
Trichoderma harzianum (t. Harzianum) adalah salah satu nama species dari genus trichoderma yang keberadaannya sangat diperlukan oleh banyak petani khususnya petani organik untuk mengontrol keberadaan mikroba pathogen yang menyerang sistem perakaran tanaman seperti mikroba penyebab penyakit busuk akar dan busuk pangkal batang tanaman. T. Harzianum adalah jamur akar berwarna hijau yang bersifat bersifat antagonis pada beberapa jenis jamur lainnya. Selama masa hidupnya, t. Harzianum akan menjadi parasit bagi jamur pathogen dan menghasilkan zat sejenis antibiotik yang dapat membunuh jamur dan bakteri di dalam tanah. Sifat inilah yang dimanfaatkan sebagai agen biokontrol/ pestisida organik  terhadap jenis-jenis jamur fitopatogen.

Manfaat pestisida organik TRICOR :
·         Trichoderma banyak  digunakan sebagai pengendali beberapa penyakit yang disebabkan oleh bakteri atau jamur lain yang menyebabkan antara lain Fusarium  oxysporum ( penyakit layu fusarium/ busuk pada pangkal batang tanaman dan  busuk akar). Disamping itu Tri-hans juga dapat digunakan untuk pengendali penyakit layu ( pisang, tomat dan cabe) serta penyakit tular tanah.
 ·         Beberapa jamur fitopatogen penting yang dapat dikendalikan oleh Trichoderma antara lain: Rhizoctonia solani, Fusarium sp., Lentinus lepidus, Phytium sp., Botrytis cinerea, Gloeosporium gloeosporoides, Rigidoporus lignosus dan Sclerotium rolfsiii yang menyerang tanaman jagung, kedelai, kentang, tomat, dan kacang buncis, kubis, cucumber, kapas, kacang tanah, pohon buah-buahan, semak dan tanaman hias
 ·         Sebagai antibiosis - Antibiosis adalah kemampuan menghasilkan antibiotik seperti alametichin, paracelsin, trichotoxin yang dapat menghancurkan sel jamur melalui pengrusakan terhadap permeabilitas membran sel, dan enzim chitinase, laminarinase yang dapat menyebabkan lisis dinding sel.
 ·         Trichoderma harzianummampu memproduksi enzim Carboxylmethyl cellulase dan xilanase. Juga memproduksi enzime urease, selulase, glukanase, kitinase  dan apabila media yang ada tersedia kitin dalam jumlah yang cukup banyak, sehingga mampu memproduksi kitinolitik  serta  enzim kitinase yang berguna untuk meningkatkan aktivitas biokontrol terhadap pathogen yang mengandung kitin (contoh kitin adalah bagian dari kulit terluar serangga yang keras, dan kitin ini tidak hanya terdapat pada serangga saja)  sehingga dinding sel/ kulit luar pathogen dapat  rusak dan pathogen akan mati demikian pula beberapa jenis serangga pengganggu tanaman.
 ·         Trichoderma harzianum mampu memproduksi asam sitrat dan ethanol, adanya  asam sitrat dan  ethanol / alcohol pada daerah perakaran akan mengurangi  penetrasi serangan  hama tanaman, sehingga performance tanaman akan semakin sehat.
 ·         Pada Trichoderma harzianum  memiliki anti fungal yang cukup tinggi, jadi kemampuannya membunuh jamur  cukup baik, banyak jenis jamur (fungi) yang terbukti dapat  dikendalikan dengan  Trichoderma hanzianum  dan dapat beradu dengan pathogen yang menyerang tanaman sehingga tanaman yang diberi inokulum  Trichoderma harzianum  cenderung akan  lebih tahan terhadap serangan penyekit.
 ·         Kompetisi untuk memperoleh nutrisi dan tempat.

 Cara penggunaan pestisida organik TRICOR :
 Tricor merupakan pestisida alami dengan kandungan cendawan atau jamur yang diformulasi dalam bentuk padat yang tidak larut dalam air, sehingga untuk penyemprotan ada baiknya diambil supernatantnya ( cairan yang bening) atau seluruh bagian dari larutan yang ada disemprotkan pada tanaman sehingga tanaman cenderung akan  lebih tahan terhadap serangan penyakit.

Informasi lengkap, kunjungi website kami www.peternakansolo.com

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar